Custom Search

News World

Feb 5, 2012

Flora and Fauna :: Ular Piton Tujuh Meter Ditangkap Warga



Warga Jalan Pematang Keramat Kelurahan Betungan, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, berhasil menangkap seekor ular piton dengan panjang mencapai tujuh meter dan diameter 25 sentimeter.

"Kami berhasil menangkap seekor ular piton itu saat akan memangsa seekor kambing, ternak milik seorang warga setempat," kata Dartim, warga Jalan Pematang Keramat Kelurahan Betungan di Bengkulu, Senin. Ia mengatakan, ular itu memiliki berat badan sekitar 60 kilogram, sedangkan jenis kelaminnnya betina dengan usia diperkirakan tujuh tahun.

"Ular piton ini ditangkap warga karena akan memangsa dan menelan bagian kepala seekor kambing dewasa milik salah seorang warga, Buyung (38) sedang berada di sekitar kebun karet dan kelapa sawit," katanya.

Aksi ular itu cepat diketahui, maka beberapa warga berusaha mengusirnya. Mereka berhasil membebaskan kambing itu dari cengkeraman mulut ular. Hewan melata itu kemudian lari ke rawa sekitar tempat kejadian. Puluhan warga mengejar dan berhasil menangkap hewan melata itu, kemudian dimasukan dalam sebuah karung yang sudah disiapkan, sedangkan bagian mulut ular itu diikat dengan tali agar melawan.

Ular piton tersebut sekarang menjadi tontonan warga. Masyarakat sekitar berduyun-duyun melihat ular besar itu. Ada juga merogoh kantong membayar uang lelah penangkapnya rata-rata Rp1.000 setiap penonton.

"Sekarang ular piton itu diletakkan pada tempat teduh dan dikelilingi pagar pengaman agar tidak mencelakakan warga, sedangkan tubuhnya pun selalu disiram dengan air agar tidak kepanasan," kata Dartim.

Ia mengatakan, telah mencoba menjual ular piton tersebut ke warga di Desa Ngalam, Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, namun pembelinya menolak karena terlalu besar dan panjang, sehingga sulit untuk dipelihara. "Saya akan menjual ular itu dengan harga Rp 95.000 per meter. Uangnya akan dibagikan pada kelompok penangkap," katanya.

Seorang warga Desa Jenggalo setempat Tapsili mengatakan, ular jenis piton itu sudah banyak ditangkap warga karena habitatnya berada di sepanjang Sungai Jenggalo setempat.

"Kami selama ini sudah menangkap belasan ekor dengan ukuran sama. Ular itu bila tidak ditangkap akan memangsa ternak ayam dan kambing bahkan anak sapi juga ditelannya," ujar Tapsili.






No comments:

IT Conversations

Moneycontrol Latest News

Latest new pages on Computer Hope

Latest from Infoworld

Door Lock

Door Lock Import Top Door Lock from China Contact Quality Manufacturers Now