Custom Search

News World

May 1, 2013

Pameran :: Kafan Turin Dipamerkan di Tengah Riset Baru

Pada hari Sabtu, Kafan Turin (The Shroud of Turin) dipamerkan dalam pertunjukan spesial di televisi di Vatikan, di tengah beredarnya hasil riset baru yang membantah klaim bahwa kain itu palsu. Riset baru itu juga mengatakan, kain itu berasal dari masa yang sama dengan kematian Yesus.

Paus Fransiskus mengirim pesan video khusus ke acara di katedral Turin, tetapi tidak berkomentar mengenai apakah gambar pria di Kain Kafan Turin itu benar-benar Yesus. Paus menyebut kain itu sebuah “ikon”, bukan relik alias peninggalan sejarah. Ini perbedaan kecil tapi penting.

“Gambar ini, yang tertera di kain, berbicara kepada hati kita dan menggerakkan kita untuk mendaki bukit Golgota … serta menenggelamkan diri kita dalam keheningan cinta yang agung,” katanya.

“Wajah rusak ini adalah wajah para pria dan wanita yang tersakiti oleh kehidupan yang tidak menghargai kehormatan mereka, oleh perang dan kekerasan yang menyengsarakan kaum lemah,” katanya. “Dan pada saat yang sama, wajah di Kafan menyampaikan kedamaian; tubuh yang tersiksa ini mengekspresikan keagungan.”

Banyak ahli meyakini hasil pengukuran karbon (carbon-dating) terhadap kain itu, yang mengatakan bahwa kain itu berasal dari abad ke-13 atau ke-14. Meski demikian, beberapa pihak mengatakan mungkin saja kain itu telah tercemar dan perlu ada sampel analisis lebih besar.

Selama ini, pihak Vatikan telah berhati-hati dalam menyikapi kain itu. Mereka menyebutnya lambang penderitaan Yesus, tetapi tidak berkomentar mengenai keaslian kain itu.

Kain dengan panjang 4,3 meter dan lebar 1 meter itu disimpan dalam kotak khusus yang tahan peluru di katedral Turin, tetapi jarang ditampilkan ke publik. Terakhir kali Kafan Turin diperlihatkan pada tahun 2010.

Penampilan Kafan Turin pada hari Sabtu bertepatan dengan peluncuran buku “The Mystery of the Shroud” yang mengatakan, kain itu berasal dari abad pertama. Hasil riset itu diambil berdasarkan tes mekanis dan kimiawi terhadap serat material kain.

No comments:

IT Conversations

Moneycontrol Latest News

Latest new pages on Computer Hope

Latest from Infoworld

Door Lock

Door Lock Import Top Door Lock from China Contact Quality Manufacturers Now