Setelah terjadi gangguan pada layanan BlackBerry Messenger (BBM) pada Rabu (3/10/2012), ada pihak yang tak bertanggung jawab menyebarkan teror lewat pesan palsu yang memberi informasi tak benar dan mengatasnamakan Research In Motion, produsen smartphone dan penyedia layanan BlackBerry.
PR Manager RIM Indonesia Yolanda Nainggolan mengatakan, pesan itu bukan berasal dari RIM. "RIM tidak pernah mengeluarkan pengumuman apa pun lewat broadcast message di BBM," katanya.
Jika ada gangguan dengan layanan BlackBerry, lanjut Yolanda, maka pihak RIM akan memberi informasi kepada operator seluler dan media massa.
Pesan palsu atau hoax itu tersebar selelah layanan BBM mulai pulih. Yolanda mengatakan, pesan palsu ini malah akan membuat sibuk jaringan BBM. Karena itulah, ia meminta agar pengguna BBM tidak melanjutkan atau mem-broadcast pesan tersebut.
Berikut isi pesan palsu tersebut yang terkesan menakut-nakuti alias meneror pengguna BlackBerry Messenger:
Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami (RIM), bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini.
Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda.
Simbol akan mengupdate otomatis dalam? Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari.
Anda jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version.If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena 'Blackberry 'adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak.
RIM: BlackBerry Messenger Sudah Pulih
Layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) yang sempat terganggu pada Rabu (3/10/2012), berangsur mulai bisa digunakan kembali sekitar pukul 17.00 WIB.
PR Manager Research In Motion (RIM) Indonesia Yolanda Nainggolan mengatakan, tim teknis RIM melaporkan bahwa trafik layanan BBM sudah naik kembali. "Berarti BBM sudah pulih," katanya.
Ia masih menunggu pernyataan resmi dari kantor pusat RIM, yang menyatakan bahwa masalah ini sudah teratasi sepenuhnya.
Yolanda belum menyebut apa penyebab terganggunya layanan BBM hari ini. Gangguan pada layanan BBM terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Gangguan ini terjadi pada layanan BlackBerry Internet Service (BIS), dan berdampak di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
Operator seluler di Indonesia baru menerima keterangan resmi soal gangguan ini sekitar pukul 15.00 WIB.
Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyayangkan gangguan yang kembali terjadi pada layanan BlackBerry. "Dalam tahun 2012, layanan BlackBerry sudah mengalami gangguan sebanyak tiga kali di Indonesia," kata Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemkominfo Gatot S Dewa Broto.
Menurutnya, gangguan pada layanan BlackBerry tak hanya merugikan pihak RIM saja, tapi juga operator seluler dan pengguna smartphone BlackBerry di Indonesia. Apalagi, banyak sekali masyarakat Indonesia yang setiap harinya melakukan komunikasi melalui BBM.
BBM "Pending", Pengguna Masih Bisa "Browsing"
Meski layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) mengalami gangguan sejak Rabu (3/10/2012) pukul 10.00 WIB, pengguna smartphone BlackBerry masih bisa mengakses internet.
Gangguan pada BBM (pesan pending) tak menyebabkan akses internet dari smartphone BlackBerry terputus sehingga pengguna masih bisa mengakses e-mail, browsing internet, ataupun membuka jejaring sosial, seperti Facebook maupun Twitter.
"Sejauh ini gangguan terjadi dari pihak RIM (Research In Motion) sehingga tidak bisa kirim BBM. Tapi pelanggan masih bisa mengakses e-mail ataupun jejaring sosial," kata Adrian Prasanto, Division Head Public Relation Indosat.
Hal serupa juga diungkapkan pihak Telkomsel.
Gangguan BBM ini terjadi pada layanan BlackBerry Internet Service, yang berdampak di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Pihak RIM telah memberi informasi kepada operator seluler di Indonesia tentang gangguan ini.
Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty mengatakan, pihaknya telah menerima keterangan resmi dari RIM soal gangguan pada layanan BlackBerry Internet Service pada pukul 15.07 WIB.
PR Manager RIM Indonesia Yolanda Nainggolan belum bisa mengestimasi waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki layanan BBM. "Saat ini tim teknis kami masih melakukan investigasi dan perbaikan untuk layanan BBM," terang Yolanda saat dihubungi KompasTekno.
Kemenkominfo juga hobby Ngerumpi pakai BBM :)
BlackBerry Terganggu Lagi, Kemenkominfo Menyesali
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyesali gangguan yang terjadi pada layanan BlackBerry, Rabu (3/10/2012).
Seperti diberitakan sebelumnya, gangguan terjadi pada layanan BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia dan Asia Pasifik. Gangguan dilaporkan mulai terjadi pada Rabu (3/10/2012) siang.
"Kami menyayangkan gangguan teknis yang kembali terjadi di pihak RIM," kata Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemkominfo Gatot S Dewa Broto, saat dihubungi KompasTekno.
Menurut Gatot, gangguan pada layanan BlackBerry tak hanya merugikan pihak RIM saja, tapi juga operator seluler dan pengguna smartphone BlackBerry di Indonesia.
Apalagi, banyak sekali masyarakat Indonesia yang setia harinya melakukan komunikasi melalui BBM.
Atas gangguan ini, pihak RIM melalui PR Manager RIM Indonesia, Yolanda Nainggolan, meminta maaf atas gangguan yang terjadi. Ia pun berharap gangguan ini bisa segera teratasi dan layanan BBM bisa dinikmati kembali oleh pengguna BlackBerry Indonesia.
No comments:
Post a Comment